jump to navigation

Merdeka atau Mati !! August 17, 2008

Posted by RuleZ in Blogging, College, Indonesia, Journey.
trackback

Sebelumnya gw mengucapkan “Selamat Ulang Tahun kepada Indonesia yang ke 63” (udah kayak umur nenek gw aja…)

Intermezzo sedikit, tanggal 14 kemarin gw diundang untuk mendapat penghargaan dari rektor IT Telkom pas acara Sidang Terbuka Senat di GSG. Acara yang gw tunggu2 nih, selain dapet penghargaannnya, juga tak ketinggalan, makan2nya😀 *lihat foto dipaling bawah*

Terus yang bikin gw aneh adalah, gw, Ali dan Hadari disuru jadi pembicara pas Bina Rohani selepas subuh tanggal 15-nya buat mahasiswa baru angkatan 2008 yang berjumlah kurang lebih 1500 orang. Kebayang dong 3 orang gila bin cupu ini disuru ngasih siraman rohani… Intinya Dody kesambet!
Ternyata kita disuruh sharing penglaman selama 2 tahun mengikuti Pimnas, yowes pas hari-H gw maju pertama, ngejelasin panjang lebar (kayaknya pada gak dengerin gw ngomong deh). Gw rada grogi pas ngejelasinnya, karena gw setengah sadar (maklum baru bangun). Karena gw gak di cut sama Dody, maka gw tetap ngomong sampe mulut gw berbusa dan anak barunya pada ngorok. Akhirnya Dody bilang, “Rul, CUKUP!!”. Okeh gw udahan.
Hadari ngomel seharian selepas binroh subuh ini, ini diakibatkan karena dia yang udah siap2 tampil malah gak disuruh Dody ngomong, walhasil dia cuman diem duduk didepan mahasiswa baru. “Useless banget akuh, mending terusin tidur aja tadi!”, kata Hadary.

Baik. Hari kemerdekaan ini, sudah gw lalui selama 21 kali. Mungkin yang paling gw inget adalah pas SD gw ikutan lomba bawa kelereng pake sendok dan kepala gw beradu dengan kepala temen gw. Alhasil kepala gw peyang sampe sekarang😦
Entah kenapa, hari kemerdekaan identik dengan perlombaan, upacara bendera, masang bendera, dan LIBUR. Mungkin hal ini bisa menjadi ajang kita untuk tetap mengenang detik-detik perjuangan para pahlawan untuk Indonesia Merdeka. Dengan adanya kompetisi kecil-kecilan seperti, lomba panjat pinang, lomba bawa kelereng pake sendok, lomba balap karung, lomba tarik tambang, kita bisa menjadi bangsa yang haus akan kompetisi sehingga mental kita kuat untuk berkompetisi dengan bangsa lain di era Globalisasi sekarang ini. Tapi apa yang malah terjadi dengan bangsa ini ?

Mungkin yang mentalnya siap di era Globalisasi hanya sebagian dari dua ratus juta-an saja. Dimana sisanya ? Mereka sudah merasa nyaman dengan posisinya sekarang, dengan pekerjaannya, dengan kehidupannya, dengan segala yang mereka punya. Masih ingat dengan slogan atau teriakan pejuang kita “Merdeka atau Mati” ? Hasilnya dari “teriakan” itu, kita dapat menikmati kemerdekaan kita. Kebayang dong kalo sekarang kita masih dijajah rasanya kayak apa. Mungkin seperti rakyat Palestine atau Irak. Bukannya menambah semangat juang tapi semangat untuk memajukan bangsa ini mengendur. Orang-orang yang menjabat di pemerintahan kurang bisa menjaga amanah, sehingga banyak yang “makan gaji buta”, korupsi sana-sini, tidur pas rapat yang sedang membahas negeri ini. Lantas timbul pertanyaan, “yang atas aja begitu, gimana yang bawah ?”. Kita sudah terlena akan kenikmatan yang semu ini, sehingga kita masih saja berstatus negara berkembang yang bisa saja sewaktu-waktu menjadi negara terbelakang. Dimana semangat para pejuang tadi ? Demi merebut kemerdekaan itu, mereka rela mati. Kalau dianalogikan dengan masa sekarang, kita sebenarnya juga sedang berjuang, memperjuangkan Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Gw sebenarnya gak setuju dengan yang namanya demo. Bagi gw itu terlalu “barbar”. Karena demo bisa berlanjut pada pengrusakan fasilitas umum seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Pendemo membakar mobil berplat merah, membakar sana-sini, ataupun menjahit mulut mereka. Bukannya itu sama aja nyiksa diri sendiri ?! Kenapa sih kita gak bisa menyelesaikan masalah tidak dengan kekerasan ? Apa itu udah menjadi trademark kita ?! Enggak kan ?! Kalo iya, berarti kita sama aja dengan masyarakat di zaman purba. Okey, gw nggak menyalahkan pendemo… saja, karena pihak pejabat atau pemerintah juga salah. Seharusnya ketika masyarakat resah dan ingin memberikan kritikan-kritikan, mereka para pemerintah mempunyai wadah tersendiri, coffe break misalnya, atau dengan negoisasi antara perwakilan masyarakat dengan pemerintah. Sehingga statement “pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat” benar-benar tercapai. Hilangkan rasa malu untuk saling sharing, Pak SBY bisa saja sharing dengan mahasiswa atau dengan rakyat-rakyat yang ingin mengajukan gagasan atau mengetahui laju kemajuan negeri ini. Seperti di negara Malaysia, jika ada suatu masalah maupun kritikan, pemerintah disana siap untuk mengadakan forum diskusi dengan rakyat. Bukankah yang demikian jauh lebih efektif ? Pemerintah berjiwa sebagai pemimpin bukan pimpinan. Dan rakyat kedudukannya diatas, segala yang kita lakukan untuk rakyat bukan untuk kepentingan diri pribadi.

Blogger merupakan bagian dari masyarakat Indonesia juga. Dan sudah sepatutnya sebagai bagian dari bangsa Indonesia, wajib untuk memikirkan maslahat negeri ini. Mungkin jika ada forum Indonesia, selain Kaskus, yang membahas tentang seluruh permasalahan di negeri ini, maka akan banyak thread dan posting-an yang ada dalam forum tersebut. Disana akan terjadi diskusi, tukar pendapat, kritik dan saran yang kesemuanya itu bukan untuk menjatuhkan bangsa ini, tetapi untuk memajukan bangsa ini. Sudah saatnya kita mulai memikirkan bagaimana nasib bangsa ini kedepan. Kopdar dengan pemerintah bisa saja terjadi, kopdar dengan walikota, dengan gubernur, ataupun dengan Presiden. Kenapa tidak ? Seperti kata Tukul, “Don,t look the book just from the cover”, sebagai pemimpin seharusnya tidak pandang bulu dalam mendengarkan aspirasi. Tidak memandang martabat, penampilan, tetapi memandang apa yang akan dia katakan. Blogger bisa saja menulis masalah-masalah yang terjadi di Indonesia ini dan mempublikasikannya ke seluruh Nusantara, via Internet maupun media cetak dan elektronik. Selain itu, bisa juga untuk terjun langsung ke lapangan, dengan kopdar tadi dan implementasi dari kesepakatan pada saat kopdar dengan pemerintah. Tindakan yang mengajak seluruh elemen yang ada di Indonesia untuk sama-sama memajukan negeri kita tercinta.

Tindakan yang kita butuhkan bukan hanya insidental semata, akan tetapi tindakan yang bersifat berkesinambungan. Sehingga apa yang telah kita lakukan akan terus berlanjut, bukan malah hilang. Karena mental untuk memajukan Indonesia harus ditumbuhkan dan ditancapkan ke dalam sanubari tiap-tiap penduduk di negeri ini. Banyak sektor-sektor yang harus “digarap” oleh kita, bukan hanya pemerintah semata tapi juga masyarakat, seperti pendidikan, perekonomian, teknologi, pertanian, peternakan, pertambangan, lingkungan, olah raga, tata letak, sumber daya alam, dan sunber daya manusia yang handal. Mari “garap” sama-sama.

Kalau biasanya kita tergiur dengan kekuasaan dan kekayaan semata, maka sekarang kita ubdah pola pikir kita dengan tergiur akan kejayaan Indonesia. Masalah pragmatis yang ada, hanya memikirkan apa yang akan terjadi beberapa jam kemudian, sudah saatnya kita ganti dengan memikirkan apa yang akan terjadi beberapa tahun dari sekarang. Sesuatu yang manfaatnya jangka panjang. Negara ini butuh bangsa yang kuat mental, butuh pemuda yang berjiwa patriotis, butuh rakyat yang juga memikirkan masalah yang ada, dan butuh pemimpin yang down to earth. Kapan Indonesia bisa maju kalau kita hanya memikirkan kepentingan diri sendiri saja ?

“Indonesia Maju atau Mati !”

*penulis lagi kesambet, mohon maaf kalo ada yang tersinggung maupun kata-kata yang salah*

===================================================

photo of this week :

Makanan pas Sidang Terbuka Senat, Mak NYOS!

Sang Penyebar Virus pun HADIR!

Susahnya Bangunin Ali….

Comments»

1. Syifa Aulia - August 17, 2008

Pertamax

Setujuh ! !

Kita sbg Blogger jg hrs ngabdi bwd nkri !

2. faizal kamal - August 17, 2008

SETUJUH . . . . . . . ! !
Merah Putih Abadi, NKRI Harga MATI.

Nasionalis Mode ON 😀

Thank for info pak,

3. kumanz - August 17, 2008

kapan ya negara ini bener2 merdeka??

4. ridu - August 17, 2008

what?? lo jadi pengisi siraman rohani?? ntar pada sesat donk mahasiswa barunya.. wkakakakak…

oke2.. merdeka atau terkena virus?? wahahah

5. antown - August 17, 2008

yaaa, berarti copas dari sini ya sampean, hehehe…
tapi berhubung di ketentuan umum di blog saya tidak ada larangan mengirimkan karya yang udah dipublish, jadi it doesnt matter.

makasih ya atas kirimanna, amrul….

6. antown - August 17, 2008

arul ikut kopdar di bandung besok? waaa… kita ketemuan dong

7. imcw - August 17, 2008

Wah, foto makanannya mengundang selera.

8. Penasehat Spiritual - August 17, 2008

dasar komoh….

tetep aja elo ama Ali…

mana kepergok lagi berbonceng mesra lagi…hahaha

9. bagusrully™ - August 17, 2008

terlalu serius…. males bacanya…..

btw….

“arul ikut kopdar di bandung besok? waaa… kita ketemuan dong”

hiiiy…….

Aliiiiiiiii……… cowok lu selingkuh…….

10. ika - August 18, 2008

cuman mau bilang MERDEKA!!!!

11. RuleZ - August 18, 2008

@Syifa Aulia : seeep laah:)

@faizal kamal : wah pas PIMNAS anak UGM yang bilang gini nih… huhuhu

@kumanz : pertanyaan ini yang harus ditanyain ke masing2 diri kita…

@ridu : wakakakaka…… yup, sesat banget dah ntar…

@antown : thanks too… but, sayang saya gak bisa ikut kopdar om,,, nyokap ane ternyata datang… hiks

@imcw : anda mau ??? Yuk ke Bandung😀

@Penasehat Spiritual : waaah, mas jangan ngomong gitu didepan publik dunks..hihi

@bagusrully™ : AIII, BAGRUL BOHONG!!! hehehe

@ika : MERDEKA!!!!

12. ARS - August 18, 2008

Ayo Merdeka!!😀

13. aRuL - August 18, 2008

saya pilih merdeka😀
btw..wah bagus tuh berbagi pengalaman2nya🙂

14. rizkiariefandi - August 18, 2008

ih panjang amat tulisannya rull..
jadi males mbaca nya… hehehe..

btw, nims island ada di iefile koq..

15. dimas - August 18, 2008

hehehe.. blogger termasuk komponen masyarakat yang penting..
jutaan posting menyebar, membawa misi masing2..
ayo kita satukan buat bangun bangsa ini.. mari kita pondasi yang kuat akan arti kemerdekaan yang sebenarnya..
merdeka!!!🙂

16. pipiew - August 18, 2008

wiw, 17-an di kampus yak?? jd inget bbrp taun lalu, waktu jaman masi muda dulu *halah*
humm…pemerintah itu bukan hanya harus mempunyai jiwa pemimpin saja, tetapi pemerintah sejatinya adalah “pelayan masyarakat”, hnah peran ini yang sampai sekarang belum benar2 dimaknai oleh semua lapisan pemerintahan, tapi kita masih punya harapan, selalu ada harapan…

17. Epat - August 18, 2008

dan pawai pitulasan di ranah blog pun hanya setahun sekali😀
Merdekalah eniwei…

18. sososibuk - August 19, 2008

emang lo tuh virus sejati ya…

ga ada matinya///

ko tak ikut kopdar??

19. rorizki - August 19, 2008

ya merdeka aja deh .. hehe

20. Edi Psw - August 19, 2008

Sangat setuju! Moga-moga dengan semangat kemerdekaan ini para oknum pejabat yang suka korupsi, dia sadar dan berhenti dari korupsi ya?

21. mike - August 19, 2008

banyak harapan terhadap negara ini di peringatan ke-63 taon kemerdekaan…
ahh..bukannya pesimis..cuman gw masi perlu bukti untuk melihat bahwa sudah ada kemajuan berarti di negeri ini..
tumpas koruptor…bunuh..bakar…*halah* koq gw jd emosi yah..:)

22. senny - August 19, 2008

merdeka juga deh

23. Panda™ - August 19, 2008

Setuju !!🙂
semoga Republik ini bisa bangkit dari keterpurukan, sehingga kita bisa bener2 menikmati apa itu yang dinamakan “Merdeka”.
Dan mari kita mulai dari diri kita masing…

Semangat !!

24. Danny - August 19, 2008

Merdeka
He..he..

25. afwan auliyar - August 19, 2008

wah… rul
gw kirain photo lo pas maju kedepan…..
kok nggak ada :?!?!?!😀

26. lala - August 19, 2008

kenapa enggak merdeka atau merdeka!!

*gak mau rugi*

27. Rully Patria - August 19, 2008

Merdekaaaaaaaaa…..
Ayo kita jajah Malaysiaaa… (lho?!?!)
maksudnya ilmu dan inovasinya😀

28. emfajar - August 19, 2008

ga salah tuh ngisi siraman rohani..

klo gw lebih milih merdeka aja deh,, blom banyak persiapan buat mati..😀

29. novhard - August 19, 2008

hmmm kopdar, diskusi atw apalah itu hanya membuat peluang bagi sebagian orang, “peluang” yah, orang indo, sangat pintar sekali untuk mengambil “peluang” untuk memuaskan dirinya sendiri. “orang indo” saya katakan “orang indo”, bisa termasuk saya, bahkan kamu juga yg menulis blog ini, dan orang2 lain yg membaca tulisan ini …. indonesia saat ini sudah tidak ada masa depan lagi buat anak cucu kita nanti , jika selama nya seperti ini , terpuruk dan makin terpuruk, bukannya aku omdo, dan tidak memberikan solusi, namaun terlalu banyak solusi yg ada , makanya DRP/MPR rapat lama2 ga selesai .. , pasti solusi nya banyak, sampe bingung mau milih yg mana, hmmm tapi makin lama rapat makin banyak uang rapat yg di dapat, dan pikiran itu akan selalu ada … wk wk wk :)), wah kok aku ngomen banyak gini ya😛

30. galz - August 19, 2008

knp pilihanny merdeka ato mati? dan maju ato mati? knp harus mati?? padahal kpenempatanny kurang pas kl mau dbandingin..😀

tp teuteup.. merdeka!!

31. RuleZ - August 20, 2008

@ARS : ayoooo!!!🙂

@aRuL : makasih mas, saya juga milih merdeka dfaripada mati😀

@rizkiariefandi : males donlot kak…😦

@dimas : waaw🙂 berat juga niy… saatnya blogger untuk unjuk gigi

@pipiew : harapan itu ada ditangan kita🙂

@Epat iya juga siy, tapi semangatnya harus berkali2🙂

@sososibuk : virus acut (bukan cangcut lho ya), gak ikut kopdar? gara2 vicky dan ali nih…

@rorizki : yuk mari om…

@Edi Psw : korupsi bikin gemez emang pak🙂

@mike : ayo mas, kita berjuang bersama🙂

@senny : yuks….

@Panda™ : SEMANGAAAAT!!!!

@Danny : merdeka jugak niy😀

@afwan auliyar : nah itu dia masalahnya…. kagak ada yang poto… apes

@lala : hohoho… kan maksudnya biar keliatan semangat gitu… kalo gak merdeka gw harus mati demi merdeka… *kata pejuang lho…*

@Rully Patria : ayo om, kita jajah malaysia!!!

@emfajar : hmmmm… yup, dody kesambet!!

@novhard : hadari….. kalo kamu mau merubah negeri, kamu harus masuk kedalam sistemnya… gak bakal bisa kalo cuman dari luar…
makanya yuk bareng2 kita bebenah negeri🙂

@galz : semangatnya mbak yang kita butuhkan🙂

32. Syifa Aulia - August 20, 2008

tukeran link dungg

33. Syifa Aulia - August 20, 2008

whwhwhwheee iyahhh kirain belunt, , , tadi ga keliatan sii

gue juga suka jepang, pa lagi anime, manga, ma j-music nya duhh keren . tapi kalo belajarnya kayaknya biasa aja deeh, gue ga bisa ngapalin hurupnya😦

34. novhard - August 20, 2008

ga akan bisa di rubah, kecuali di hancurkan terlebih di halu dan di bangun dari awal ..
bwahahahahah …
walaupun belum tentu akan membawa ke arah lebih baik ..

35. helenamayawardhani - August 20, 2008

cie cie,,
mana ni pak traktiran juara pimnas??,,
lupa nih ma temen seperjuangan AI,,
hahahahahaha…

oia rul,gw yakin dah,waktu lu ceramahin tu anak2 ttg pimnas,yg ad mereka molor noh,,,
piss ahh,,,
hwhwhwhwhw…

36. okanegara - August 20, 2008

Heppi bersdei Indonesia..

37. RuleZ - August 21, 2008

@Syifa Aulia : sma sih, gue juga belom bisa ngapal tuh hurup… maklum udah tua.. hehehe

@novhard : kenapa ya harus direset, kalo bisa di maintenance… ato diupgrade aja sekalian.. yup🙂

@helenamayawardhani : yaiyalah pada molor… secara acaranya jam 4.30 PAGI….

@okanegara : yup om😀

38. novhard - August 21, 2008

karena hardwarenya udah error, virus banyk bgt …, mau di maintenance udah ga munkgin , di bawa ke tukang servis juga , malah di hard reset …, supaya softwarena kembali ke settingan pabrik ..

39. Faizal Kamal - August 21, 2008

mailto:tetsuhiro_ogawa@yahoo.com,.. . wah jadi malu neh sama pak amrul, . . . kalo masalah Cinta Indonesia sih , kalo bukan kita sendiri yang mulai mencintai Indoneisa . . . siapa lagi, semoga Indonesia tetep baik2 aja ya pak, Amrul . . amiin.
Masalah SEO . . . hehehehe . . . alhamdulillah. . . tetep mencoba Mendalami teknik-teknik SEO, walaopun mitosnya google Plin-plan, tapi toh tukang Ojek tetep dapet “HIDUP” di saat Hujan ataupun panas.:D
Projek untuk SEO, alhamdulillah . . . semoga Rizki dari Allah untuk saya dan team bisa lewat pak amrul. akan saya usahakan sebaik-baiknya, walaupun tetep gakk boleh janji yang berlebihan.
terimaksih dah boleh berkunjung di blognya.

40. khai - August 22, 2008

Kirain loe ngerayain 17an di Spanyol Roel….. Masih jadi Striker Utama musim ini??

Saya tak ikut acara apa2 thn ini krn darah tinggi saya kumat saat makan daging kambing secara over.😀

41. dian apriany - August 22, 2008

rulez… kopdar kemaren rame loohh… *OOT*😀

42. bacotchaoz - August 22, 2008

pemerintah kampret.. kenapa orang gedeg kaya lo dibiarkan berkeliaran di negara ini.. bener-bener tuh pemerintah.. ck ck ck…

43. RuleZ - August 23, 2008

@novhard : tapi tetap harus diingat hadari… ada darah Indonesia di dalam tubuh ini… kita harus tetap berjuang demi bangsa, agama, dan keluarga🙂

@Faizal Kamal : that’s my pleasure mr.fauzi🙂 thanks for visit my blog🙂

@khai : hahaha… ke spanyol ?? ke jepang aja gue belonnn🙂

@dian apriany : wah…. abis anak2 pada gak bisa dateng, vicky gak bisa, ali udah ada tebengan, gugum gak ikut, kang erda gak ikut, kak rizki gak ikut…
saya sendirian ntar…hohoo

@bacotchaoz : hahaha, harusnya kita dipenjara ya?? KITA?? LO AJA SAMA KELUARGA LO!!!

44. myryani - August 23, 2008

merdeka dnkz…

45. Wirawan Winarto - August 24, 2008

wah sidang senat.
diundang juga, tapi ga hadir soalnya masih di Solo.😀

46. tren di bandung - September 11, 2008
47. Jelly Gamat Gold - September 12, 2011

salam kenal
SETUJU… betul jangn bisanya cuma ngomentarin.. mulai dari diri kita sendiri!!
udatenya di tunggu gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Sekai

    Action Adventure Blogging College Comedy Crime Documentary Drama Entertainment Family Fantasy History Horror Indonesia Islam IT Japan Journey Kitchen of Design Law Movie Review Music Mystery Ore no Sekai Politic Prolab Romance Sci-fi Sport Thriller
  • RSS IT News

  • RSS Indonesia Now

  • RSS Kurs

  • Feedjit

  • RSS Bisnis

  • Pages

  • Meta

  • %d bloggers like this: