jump to navigation

A Gift in PIMNAS XXI 2008, Semarang July 21, 2008

Posted by RuleZ in College, Indonesia, Islam, Journey, Ore no Sekai.
trackback

Long time no blogging, membuat gw agak2 gila (tambah gila maksudnya). Gw rindu pada kalian semua, okeh, ini oleh2 dari semarang…


Yang mau tinggal kirim SMS, ketik REG spasi OLEHOLEHENAK kirim ke 9987🙂
Sok aja lah ke kos2an gw, disana kalian bisa berbar-bar ria sampe mampus…

Here we go, the story just began…

menjelang hari-H keberangkatan gw dan teman2 disibukkan dengan ngurusin persiapan buat presentasi, stand, dan poster. Akhirnya kami beres ngerjainnya sampe jam 12 malem. Sementara kami akan berangkat jam 4 dini hari.

Hadary bilang “Pokoknya aku udah niaat, Aku gak akan tidur!! Biar di bis bisa tidur sampe puas!!!”. Ali gak mau kalah, “AKUUU JUGAAA!!!!”

Okeh, gw catet omongan mereka. Gw setelah ngeprint poto gw buat registrasi besok, langsung milih space di sekre Mabim bakal tempat ngorok gw. Dan tak lama kemudian gw tertidur. Tapi tiba-tiba Dering HP gw membangunkan gw… Gw angkat, dan ternyata itu dari Tari. “WOOI BANGUUN!! UDAH JAM 4!!!”, teriak Tari. Eh, udah jam 4??!! Kok bisa?? padahal tadi gw baru aja tidur kan?!

Tanpa ba-bi-bu gw langsung bangun, dan dalam kondisi tanpa kacamata ini gw ngeliat ke sekeliling gw. Ali tergeletak disamping gw. “KATANYA MAU GAK TIDUR!!!”, gw kesel. Langsung aja pantat Ali gw pukul sekuat tenaga gw. “BUAAAAAK!!!!”. Ali pun bangun, eh, tunggu dulu. Setelah gw memicingkan mata, ternyata dia bukan Ali, tapi mas Udjo!!! MAMPUS GW!!! Gw udah mukul senior gw! Gw gak ada harapan hidup lagi😦

Mas udjo : …. *baru sadar*
Gw      : Mas, maap ya, saya pikir si Ali… maap.. maap…
Mas udjo : hehehe, salah ya… hihii… *BRUUK! langsung tidur lagi*

SELAMEET!!! fiuuh…

Sekarang gw nyari kacamata gw dulu, dan bangunin Ali dan Hadary yang cuman omdo (omong doang). kami pun langsung menuju bis setelah shalat subuh.

Gw  : Katanya GAK MAU TIDUUR!!!! HUH!
Ali : Lho, aku udah gak mau tidur kok! Aku kesel sama Hary (panggilan hadary), katanya dia mau gak tidur sampe jam 4, eh ternyata malah tidur jam 1!!! Kalo aku jam setengah 3 baru tidur, ya masak yang lain enak2 tidur, terus aku gak tidur… ya nggak!!!
Gw  : ….

Terserah elo LI!! Makanya gak usah ngobral janji, kayak calon walikota aja!

Tanggal 15 Juli 2008, Selasa

kami berangkat jam 5 pagi dan nyampe di Unissula jam 4 sore. kami langsung registrasi buat lomba, masang poster, ngurus persyaratan registrasi, teknikal meeting sampe jam 8 malem. Lalu kami langsung ke hotel Griya Agung dikawasan komplek masjid Agung.

Dengan brutal, kami langsung berlari menuju kamar 302, kamar kami. Gw sekamar bareng Hadary, Ali dan Tamami. Tamami dapet kasur deket pintu, Gw ditengah, Ali deket jendela dan AC. Sedangkan Hadary deket TV. Setelah mandi kami langsung latihan presentasi dan menyiapkan barang2 yang mau digelar di stand kami. Jam 12 malem kami selesai dan kami pun bersiap untuk tidur.

Tapi ada apa ini?? Gw merasa dideket gw seakan-akan ada tulang yang bernafas. Gak tau nya, itu adalah ALI!!

Gw : LIII… NGAPAIN LO DISINI!!!??
Ali : Aku mau tidur, mrul…
Gw : Di kasur lo kan bisa!!!
Ali : … ta..tapi Aku mau sambil nonton TV mrul…
Gw : AAAKH… Alesan lo!
Ali : diiiingin mrul, kasur ku kan deket AC… huaaaaa….
Gw : hmpff… YAUDAH LAH, TERSERAH LO…

Gw pun make selimut dan tidur, dengan Ali disebelah gw… Tak beberapa lama, tangan Ali meluk gw… HIIIIII…

Gw : LIIII…. NGAPAIN LO PELUK-PELUK GW!!!
Ali : *dengan muka homo, berkedip-kedip*….
Gw : OKEY, GW BUKAN HOMO LI!! Udah sama Hadary aja!!!
Ali : GAAK MAU RUL!!
Gw : *merinding*… YAUDAH, elo boleh disini tapi jangan macem-macem lagi!! kalo nggak, muka lo gw SIKUT! NGERTI??!!
Ali : *ngangguk-ngangguk*…

Hhhh… mimpi apa gw semalem, harus tidur bareng Ali…
APES BERAT…

Tanggal 16 Juli 2008, Rabu

Gw bangun dengan Ali lagi tidur sambil mangap. UUUGH…
Abis subuh, gw pun tidur lagi. Tamami yang udah bangun dari tadi, langsung bangunin kami semua. “WOOI BANGUN!! MANDI-MANDI!! Semua udah pada siap!!”. kami langsung bergegas mandi gantian, cepet2an make baju segala macem. Tiba-tiba Hadary bilang, “Itu kok gak ada bisnya!!”. kami semua ngeliat ke jendela, dan sudah dapat diputuskan. KAMI DITINGGAL!!!

Aneh banget, kami kan yang mau lomba, kok malah ditinggal?!

Gw langsung turun duluan bawa barang2 stand. Di lantai bawah gw langsung dapet semprotan dari Pak Imam (wakil rektor).
“AYO CEPETAN!!! JAM BERAPA SEKARANG!! kami TELAT TAHU!!!”.

Waduh, gw harus buruan manggil yang lain… Gw keatas lagi. Tapi Pak Imam kembali teriak, “WOI, NGAPAIN KAMU KEATAS LAGI!!!?? UDAH DISINI AJA!!!”. HUK… Tanpa gw peduliin, gw tetap keatas manggil temen2 gw.

Sampe dikamar, gw langsung nyuruh mereka buru-buru. Tapi mereka malah sante aja. Hadary malah bilang, “Kamu boong ya Rul!???”. TERSERAH LO HAR!

Gw, Tamami, Ali, dan Tari beserta Mas Eko dan yang lain turun. Pak Imam-pun, nyemprot lagi, “KENAPA ANDA BISA TELAT ??!!!”. kami diam aja sambil masuk kedalam mobil. Mobil pun penuh, sementara Hadary, Mas Eko, Mas Erfin, Mas Kukuh gak bisa masuk dan mereka terpaksa harus nunggu buat kloter selanjutnya.

Didalem mobil suasana sangat mencekam layaknya di kuburan. Pak Imam-pun berkata, “Dasar mahasiswa gak tahu diri!! SOFTSKILL RENDAH!!!”
Mmmmh, nusuk banget… Bukannya apa-apa, tapi rata-rata kami emang orang organisatoris. kami diem, speechless…

Hadary version :

Mas Eko dan Mas Erfin pun kena dampratan Pak Imam. Mas Eko yang emang dasarnya gak pernah dimarahin, menyalahkan Mas Erfin.

Mas Eko (ME) : Fin, SEMUA SALAH KAMU!!! Dari dulu kamu selalu telat! Begini deh akibatnya!!
Mas Erfin (MR) : Udah kok santai aja kali, gak usah diambil hati..
ME : ini masalah HARGA DIRIKU fiiin!!! HARGA DIRI!!! Mau ditaroh dimana mukaku!!!
MR : … iya Ko, aku tahu, tapi kan yang menilai kita itu Allah, bukannya Pak Imam, ato siapa…
ME : HARGA DIRIKU fiin!!!!!
MR : … i… iyaaaa AKU TAHU!!!! (maksudnya bukan dia TAHU, tapi dia mengetahui)
Kukuh : OKEY, Coba kalian DIAM semua!! Dengarkan saya baik-baik!

Akhirnya Kukuh pun berorasi dan mencoba menenangkan mereka berdua, Alhasil sebelum presentasi mereka udah mlai kompak lagi. Ada-ada aja memang…

Sampai di Unissula, Opening Ceremony pun dilaksanakan, SBY tidak bisa hadir sehingga diwakili oleh salah satu menteri nya. kami bagi 2 kelompok. Hadary, Tamami, dan Tari presentasi PKMM, sedangkan gw dan Ali presentasi poster di stand.

Stand kami berada didekat stand briket bio massa dari IPB, dan EDS dari UNAIR. Kami ngobrol panjang lebar seputar kampus, program mereka, sampe macem-macem.

Gw emang paling suka kalo ngiukutin lomba-lomba tingkat nasional kayak gini, disini kita bisa tukar pikiran, dapet informasi baru, dapet temen baru. Suasananya pun sangat kompetitif, memotivasi kita untuk maju kedepan.

Tak dirasa kami pun selesai presentasi dan hari sudah malam. Kami dapet beberapa ilmu dari Mahasiswa kedokteran gigi UNAIR, diantaranya adalah CARA MENGGOSOK GIGI YANG BENAR! jadinya ketahuan kalo gw ternyata selama ini gosok giginya salah😀

Kami pulang, makan di salahsatu resto di Semarang. Dan ke hotel, tidur…

Dihotel, lagi-lagi ali beraksi…

Ali : Mrul, aku tidur sama kamu lagi ya..
Gw  : …. NGGAK!!!
Ali : Ayolah mrul… pliss…
Gw : TIDAK BISA!!
Ali : *langsung ikutan tidur disamping gw*…hmmm
Gw : LI… GW BUKAN HOMO!!!!
Ali : *mukanya melas*…
Gw : Oke kalo elo gak mau pindah, GUE YANG PINDAH!

Akhirnya gw pindah ke tempat Tamami, soalnya Tamami lagi gak ada dikamar, dia lagi siap2 presentasi buat AKOSS. Dan gw tertidur…

Sampai detik ini mungkin Ali emang bukan homo, tapi ada kemungkinan dia bi… hoho

Tanggal 17 Juli 2008, Kamis

Belajar dari pengalaman, kami gak mau dimarahin lagi. Maka kamipun mandi pagi-pagi dan langsung sarapan dihotel. Berangkat ke Unissula lagi, dan ketika nyampe sana gw ketemu sama Pakde gw, alhasil dapatlah gw seonggok Angpao.. Hore!

Tapi sangat disayangkan sekali, ada sebuah pengumuman lomba poster yang masuk final. Tapi ketika gw telusuri, ternyata gak ada nama kelompok gw… Pahit memang…

Gw pun seakan-akan hancur… luluh tanpa arti.

Hari ini gw cuman nonton presentasi kelompok PKMM yang belom presentasi kemarin. Ada salah satu kelompok yang sama banget kayak kita idenya. Pake Flash buat bikin animasi, tapi dia metode pembelajaran bahasa inggris, sedangkan gw IQRO. Gw senyum-senyum bareng hadary, ketawa kecil dan renyah. Setelah mereka selesai presentasi, juri pun langsung bilang. “kayaknya daritadi temen-temen dari IT Telkom, ketawa-ketawa. Gak tahu deh saya maksudnya apa…”. UPS, mampus  gw! Tari pun langsung melakukan klarifikasi dengan pertanyaan dan mengajukan bantuan berupa peng-install-an flash playernya.

sekali lagi, GW SELAMET…

Sore hari kami udah pulang ke hotel, dan malam ini kami mau pergi ke simpang lima. Dan disana kami KULINER.. Wahuu.

Gw, Adit, Ali, dan Hadary, berpetualang dimulai dari Tahu Gimbal. Dilanjut ke nasi kucing, lalu ke Pecel Yu Sri yang terkenal itu. hadary yang pengen nyobain nasi koyor pun kita temenin. Tapi ketika dia tahu kalo koyor itu kikil, maka dia nyobain cuman seperempat lalu ditinggal. Petualangan kami selesai dengan ditutup dengan makan di McD… (gak jauh-jauh…)

Tanggal 18 Juli 2008, Jum’at (FINAL DAY)

Pagi ini kami pun ke Unissula untuk beli oleh-oleh dan plakat-plakat. Kami ngubek-ngubek satu pameran stand sampe bosen. Dan kami balik ke hotel buat sholat jum’at di masjid Agung.

You know, masjid Agung merupakan masjid yang keren abis! Disana ada payung raksasa. Hebat banget pokoknya…

Setelah itu kami check out dari hotel dan jalan-jalan ke Sam Poo Kong (klenteng yang terkenal, katanya). Dan guide kita pun bilang, “Didalem sini ada peramal lho!!”. FANTASTIS!! Gw pengen diramal doonks…

Tapi kata Pak Satpam Judes disana bilang, kalo pengen diramal harus jelas tujuannya, dan bawa dupa. So, tiga orang dodol (Gw, Adit, dan Kukuh) beli 3 dupa dan mulai masuk kedalem tempat meramalnya. Adit ngebet banget diramal jadi dia ngantri buat diramal sama juru kunci yang notabenenya pelayan Tuhan.

Gw yang melihat sekilas prosesi permalannya mendapat sebuah fakta bahwa ini bukannya peramalan, tapi PERIBADATAN… Gw pun jadi males, gw kira bakal ada MAMA LAUREN disana.. huks…

Akhirnya kita bertiga poto-poto aja disana ampe puas.

Setelah itu kami beli oleh-oleh di jalan pandanaran, tepatnya di toko Juwana. Disana gw beli Wingko babat, Getuk pisang, Getuk tiga warna, dan kueh moaci. Sedap… hihi (ngiri kan lo! hehe)

Malam ini kami makan di Unissula, disana lumayan lah makanannya. Tapi sayang gak bisa dibungkus, padahal gw dah siapin kanyong kresek yang banyak. hehe…
Pas gw mau duduk disebelah mas Eko, tragedi pun terjadi…

Gw gak sengaja nyenggol piring buahnya mas Eko dan akhirnya “PRAAANG!!!” Tuh piring pecah… Semua mahasiswa diseluruh Indonesia yang lagi makan ngeliatin gw. Gw tersipu malu. Temen-temen gw pada bilang “ssst..jangan sampe ketahuan kalo kita temen Amrul”. SIYAAAL!!!

Kayaknya mas Eko gak mau kalah sama gw, maka diapun menjatuhkan piring makannya dan lagi-lagi “PRAAAAANG!!!”, bunyinya lebih nyaring dan Mas Eko pun tersenyum…

Apakah dia sudah GILA!!! ugh..

Lalu kita pergi ke tempat Closing Ceremony disana suasananya RAMEE BUANGET! Bagaikan seluruh mahasiswa di Indonesia tumplek jadi 1. Gw DAG DIG DUG DUEEER, DAIA!! menunggu pengumuman, Hadary yang ada disamping gw mulai pesimis… Gw pun berkata ke Hadary, “HAR, Mari kita nikmati proses di Closing ini!”. Dia diem, mungkin gak ngerti maksud omongan abstrak gw…

Akhirnya tiba lah pengumuman PKMM 1

Ketua Panitia (KP) : Peringkat 3, dengan judul “Analisis… Briket Biomassa..”, dari Institut Pertanian Bogor..

kontingen IPB bersorak gembira dan disambut oleh peserta yang lain…

KP : Peringkat 2, dengan judul “EDS,..”, dari Universitas Airlangga….

kontingan Unair bersorak gembira dan disambut dengan yel-yel “JAWA TIMUR…JAWA TIMUR”…
Kita Deg-deg an, kok kelompok kita gak ada di posisi nomor 2 dan 3. Hadary pesimisnya makin meningkat…
Gw aseli deg-deg an BANGET… keringat dingin…

KP : Peringkat 1, dengan judul “33 Jam menikmati Qronis…”, dari Institut Teknologi Telkom! ….

Gw langsung mengangkat kedua tangan gw keatas, berdiri dan berteriak.. “YEEEEEEEEEEEEE…..” . Semua mahasiswa diseluruh universitas ngeliatin kita dengan pandangan heran… Dan mereka pun bertepuk tangan kecil…

Ya Allah, Alhamdulillah gw ucapin berulang-ulang… mimpi apa gw semalem, bisa-bisanya dapet medali Emas di tingkat nasional ini… Apa mungkin karena gw tidur bareng Ali, ato karena gw Jenius (gak banget) ?! Yang jelas ini merupakan Anugerah yang besar dari Allah buat gw…

Alhamdulillah… Thanks buat Nyokap, Bokap, Ai, Tim Tahta (Hadary, Ali, Tamami, dan Tari), Temen2 IT Telkom dan tak lupa Thanks buat dukungan dari temen2 Blogger…

Setelah ini kita poto-poto dengan IPB dan Unair yang notabenenya kita bersebelah-sebelahan stand pameran nya… Kebetulan yang mengagumkan…🙂

Ali saking senengnya, pengen bikin Milis…

Ali : Tulis alamat email temen-temen, ntar aku INFIT ke milis
Kita : HAHAHAHA… INVITE (dibaca infait, bukan infit) LI… bukan INFIT!!!
Ali : iya maksudku itu…
Gw : malu-maluin LIA aja li… masak lulusan LIA begini…

Dan akhirnya Ali dengan sukses mempermalukan diri didepan umum…

Ali sebenernya emang ada masalah dengan pelafalan kata-kata bahasa Inggrisnya. Berikut kesalahkaprahan Ali..

Conversation menjadi Conservation
On the way (on the wei, menjadi on the WHAAY)
The Dark Knight menjadi The DAK night

and many more…

Dengan melihat ALI sebagai sample, gw jadi ragu-ragu buat masuk ke LIA…😀

Setelah ngambil hadiah kitapun pulang ke Bandung.

Diperjalanan pulang, Bis yang kita naikkin ngebut abis, Kukuh bersebelahan dengan Ali pun terbangun, tapi bukan karena  goncangan dari bus itu melainkan karena ada bau tak sedap. Begitu Kukuh menengok ke sumber bau tersebut, ternyata ALI sedang TIDUR sambil MANGAP… Kukuh cuman bisa ngomong, “SIAUL LO!!!”…

Kita nyampe di Bandung jam 6 pagi dengan membawa cerita-cerita dan kebanggaan kepada orang tua kita🙂

Alhamdulillah… Yang pengen download Qronis bisa disini. Yang mau tau kita diliput Pikiran Rakyat, bisa disini.

=========================================================

Malemnya kita syukuran di tempat Pak Adiwijaya dengan makan Bandeng Presto. Lalu Esoknya kita bersinggah ke Bayi Sehat, untuk menculik bayi-bayi memberikan sedikit oleh-oleh dari Qronis…

That’s all my journey… And See you on the next journey😀

Comments»

1. Bagus Rully - July 21, 2008

makan makan euy..,,..

nonton dark knight hari rabu,,,,, yuuuuuuuuu………

2. novhard - July 21, 2008

wk wk kw …,ada sedikit lebay di cerita ini ..

3. rizarf - July 21, 2008

wah.. diriku yg ketiga…

selamat ya rul…
jadi nih Qronis III nya??
hehehe..

mana oleh2 buat saia??
males ah ke kost mu..
ga pewe.. hehehe,,,

4. puspa - July 21, 2008

weleh..weleh…enak bener tho sempe jalan2 pas hari jumat…
Kontingen UI jn2 ke borobudur n jogja…
Btw rul aq masih mengharapkan kebaikan timmu …
itu lho softcopy project qronismu…
aq tanggung deh biaya pengiriman n copynya…

5. mike - July 22, 2008

okeee…selamat ya bro buatmu en tim…

pasti ada syukurannya nih…ha..ha..

6. ajinugroho - July 22, 2008

panjang amet,…
ntar di terusin dah bacanya
hehehhe

tp emang c…
stt emang selalu telat,..

dua taun yg lalu, pengumuman pemenang pun.. kita dengerin di bus otw ke gsgnya

hahahahha

7. taRiiii - July 22, 2008

hei rul..sensi bgt u ma gw
masa foto gw kaya orang PusiNg Gitu T_T

8. Iyank - July 22, 2008

whaa… selamat….
akhir2 ini sepertinya banyak yang jadi pemenang…🙂

9. dhedhi - July 22, 2008

alhamdulillah… selamet yaaa.. ^_^
duh ikutan seneng… (ga percuma itt ngirim wakil yang mukanya ancur… lho…? whehehee,,, sumpe, cuma ngaminin apa yang dibilang di postingan sebelomnya hehhehee)

sekali lagi… selamet yaaaa….!!!! ^_^_^_^_^_^_^_^_^_^

10. RuleZ - July 23, 2008

@bagus rully : waduh makan2 ya?? yuk mari ke kosansaya😀

@novhard : maklum ketularan tamami har😀

@rizarf : oleh2nya dah dapetkan tadi… mantap!

@puspa : ditunggu emailnya di info@qronis.web.id

@mike : syukurannya di bandung… mau kesini ???

@ajinugroho : met mbaca mas😀

@tarii : hooho, poto2nya gak ada yang beres emang tar…

@iyank : makasih mbak….

@dhedhi : ini nih… masak mantan ketua DPM, ngatain junior… PARAAAAH😀

11. jidan - July 23, 2008

wow keren2 ..
juara satu ..
mantaps

12. asri - July 23, 2008

waw, selamat ya…
smoga makin sukses🙂

13. andikabayuherbowo - July 23, 2008

betah banget km nulis nya Mrul… panjaaaaaannngggg bener…
sip2… selamat ya,….

14. lala - July 24, 2008

alhamdulillah… selamat ya.. walau penuh kekocakan … he he he

15. Favian - July 24, 2008

Selamat ya Rul.
Eh oleh2nya masih ada gak sih???

16. nurjanah - July 24, 2008

wuih… selamet mas… (dari temen2 ui ni. wa bil khusus dari fkm)
emang keren banget dah pkmm nya!
btw di foto di atas ada foto saya lho, walopun cuma kepalanya aja…
salam ya UNTUK teman2 yang lain.
oiya ada request dari teman saya, bsa ga buat program untuk tahfidzul qur’an anak2??pasti keren banget…
gitu aja deh…

17. uLinAjah - July 25, 2008

kereeeeeeeen..
slamet mrul!!
gw ga kbagian oleh”ny..
hehehe…

18. arunamemangmanis - July 25, 2008

selamat ya rul.🙂
itu poto2 di semarang yak? udah ke Lawang Sewu belonn???

19. sososibuk - July 26, 2008

selamat ya..

ikut bangga…meskipun bukan anak ITT..tapi gw orang bandung ko..

temennya Ali ya??

baru nyadar!!

20. Vicky Potter - July 26, 2008

Brul…

Mana postingan Flash Disk Rusak Lo??
huauhhauhauha….

21. Dimas - July 26, 2008

wah selamat! keren dapet juara satu timnya, semoga bisa terus berprestasi, amien😉

22. koolsonic - July 27, 2008

wow selamat!!!!! hebaaat!!

23. bacotchaoz - July 28, 2008

Sip duit buat bikin buku dah ada.. sip! sip! good job rul.. sip!

24. RuleZ - July 28, 2008

@ jidan : okeey… thanks yup

@asri : amiiin…thanks alot😀

@andikabayuherbowo : panjang berarti banyak uneg2 yang pengen dituangin mas😀

@lala : thanks ya lalallaa

@favian : tinggal ketik aja REG spasi OLEHOLEHENAK

@nurjanah : masukkannya ntar kami pertimbangkan mas…oh ada ya difoto ?? hmmm…. rambut yang jabrik bukan?? hehe

@ulin : ketik aja SMS ke sana, dijamin elo bukannya dapet oleh2 malah pulsa lo diporotin..hehe

@aruna : wah mbak…saya…. TAKUT…takut kesambet… ntar setannya seneng sama sayah😀

@sososibuk : yup ALI is all around…. tapi saya termasuk community waspada Ali (CWA) :d

@vicky : tenang bro…ada masanya, mungkin ntar malem.. hihi

@dimas : amiin…trims ya om…

@koolsonic : tararenkyu… mbaaaa

@bacotchaoz : hahahhaa….. SAMBEL LO!

25. okanegara - July 28, 2008

wah ketinggalan berita nih…selamat-selamat..tambah lagi, selamat-selamat..ssiipphh.gitu dong rul…

26. RuleZ - July 30, 2008

@om oka : siiiph juga om😀

27. tasul - August 5, 2008

wahhh senangnya yang berhasil ke semarang, pengeennnn!!!!
mungkin belum hoki kelompok gw kali ya, hehee….
Selamat deh walapun telat!!!!
Semangat ya buat G Blog!!!


Leave a Reply

  • Sekai

    Action Adventure Blogging College Comedy Crime Documentary Drama Entertainment Family Fantasy History Horror Indonesia Islam IT Japan Journey Kitchen of Design Law Movie Review Music Mystery Ore no Sekai Politic Prolab Romance Sci-fi Sport Thriller
  • RSS IT News

  • RSS Indonesia Now

  • RSS Kurs

  • Feedjit

  • RSS Bisnis

  • Pages

  • Meta

