jump to navigation

Hutan Indonesia di manga FireFighter Daigo June 5, 2008

Posted by RuleZ in Entertainment, Indonesia, Japan.
trackback

Soda Masahito 1999 shogakukan, Inc. Tokyo
Buku Elex Media Komputindo

Gw akan mengulas tentang sebuah manga yang menceritakan tentang Indonesia dibeberapa chapternya. Manga ini berjudul “FireFighter Daigo” dengan judul aslinya “Megumi no Daigo”. Tema yang diusung adalah Pemadam Kebakaran beserta konflik batin yang terjadi dengan Petugas pemadam kebakaran yang bernama Daigo Asahina. Manga ini udah mencapai 19 jilid, dan yang menyita sebagian perhatian gw adalah, beberapa chapter terakhir di manga ini, bersettingkan Indonesia!

Berikut merupakan beberapa penggalan cerita yang ada didalam manga ini…

Kebakaran hutan di Lampung Indonesia membuat gelisah hati Daigo. Bu Oshitari sedang tergabung dalam tim peneliti serangga disana. Nekat, Daigo mencuri impulse dan tertangkap !!

Singapura menerima imbas asap dari Indonesia yang terbawa oleh angin, para penduduk Singapura sampai harus memakai masker

Kebakaran di Sumatra terjadi tiap tahun, udara kering dan curah hujan sedikit. Lapisan di Sumatra memang lain, ada lapisan tanah gemuk,api membakar zat yang belum teranalisa yang berada didalam tanah. Kalau kebakaran meluas akibat angin kencang, api akan muncul di segala penjuru hutan melalui lapisan tanah gemuk.

Ada suatu pesan moral yang dapat diambil juga dari manga ini. Di manga ini digambarkan tentang orang Indonesia yang selalu menunggu akan adanya bantuan dari luar negeri, sehingga apa yang terjadi atas terbakarnya hutan di Sumatra yang terjadi tiap tahunnya merupakan hal yang biasa di masyarakat Indonesia bahkan didalam petgas pemadam kebakaran sekalipun. Tapi ada salah satu petugas pemadam kebakaran asal Indonesia yang terketuk hatinya untuk menyelamatkan hutan Indonesia yang terbakar tersebut, yang bnernama Banjar. Dan bersama Daigo, Amakasu, dia menyelamatkan korban yang terkurung di hutan Sumatra yang terbakar dan memadamkan api.

Satu kalimat yang gw suka dari manga ini…

” Kami… Kalian… Dan semua orang Sumatra jadi begini… Karena kebakaran hutan. kalian tidak boleh terbiasa dengan yang begini !! Jangan mengandalkan orang dewasa yang menyerah, kalian boleh bebas turunkan hujan atau tiupkan angin.
Kalian anak Sumatra… Harus banyak belajar. Suatu hari nanti… Pikirkanlah cara untuk mengusir kebakaran hutan!!
Kampung halaman yang kalian sayangi… Harus kalian lindungi sendiri ! “

Penggalan kalimat yang keluar dari mulut Daigo Asahina, ketika mengangkut anak kecil pedalaman Lampung yang terjebak di hutan Sumatra yang terbakar.

Kalo dipikir2 dan dianalogikan dengan keadaan negeri Indonesia yang sedang kacau ini, maka kalimat ini pas untuk kita generasi muda, untuk melindungi negeri ini, membangun negeri ini dari kekacauan yang telah terjadi…

You must read this manga!! Highly Recommended !!!😀

Comments»

1. Jessica - June 7, 2008

I agree w/ U.I read this manga and at the moment I’m looking for this article because I was touched by the story. By this message I want to share my opinion about the condition of our country which makes me sad. Come on guys, aren’t we ashamed,a Japanesse could think and care about this country,why don’t we. But please do not just talk, the most important thing we should do is to reduce global warming.We don’t have to STOP it, I know it’s too hard, that’s why first thing we should do is to reduce it. AC, try not to use AC, use other subtitute such as fan, it’s safer,cheaper and better.We won’t die just b’coz we do not use AC. Other way,just think by Urself, I know U can do it.SPIRIT!!!!!

2. Jessica - June 7, 2008

By the way I said reduce global warming b’coz we know that we can’t stop deforestation by any way.That’s goverment’s job!We can make Indonesia better.What a nice country if we can feel the fresh air, see the green trees, right. oh…..lovely

3. muhammadamrul - June 7, 2008

okey….stop global warming…save our earth…save our Indonesia…

secara hutan Indonesia jadi paru2 dunia😀

keep your motivation to save the world, GUYS!

4. alex® - June 8, 2008

Heh? Beneran itu diambil dari hutan Indonesia?😯

Jadi kaya Gorilla yang ceritain tentang pulau Tengkorak di Sumatra😕

5. uDjo - June 12, 2008

hah? ada di manga itu ada papan reklame yang mengiklankan Bir B*ntang… heuheuheu..

6. bayusaja - June 12, 2008

Idoop indonesia!!!

Hihihi…

7. muhammadamrul - June 12, 2008

wew…
aneh banget ya??

orang jepang aja concern sama masalah di negeri ini…eh malah orang indonesiannya yang gak mau tau…hehe

8. Sesakun - June 21, 2008

Hahaha..
Ni baru aja selsai baca, telat bngt
Gile,keren banget. Emang daku suka banget ni manga.
Pa lg edisi yg ini, 19. Seneng bngt negara sndr jd bhn referensi
bagi pencipta komik disono, n dimasukin sbg slh satu crtny..

Jarang2 euy..

9. Dilla - June 22, 2008

Sejak 9 bln smp melahirkn ga s4 baca komik lg. Tp hr ini, Qia ga gt rewel, jd bs baca Daigo yg tnyata dah smp 19!

Hihi..ada susu bendera, bir bintang segala. Yap, kalimat Daigo u anak Lampung itu menggugah bgt. Btw, salut bwt riset komikus Jepang. Biasanya komikus travelling ke negara tujuan u ngumpulin materi.

Satu lg komik keren, tp jg ga s4 mbaca, Master of the Sea

10. black - June 27, 2008

Sekalian nitip kritik,

Indonesia nerjemahin komik saja lama sehingga komiknya juga lama keluarnya padahal di jepang komik ini sudah beredar tahun 1998.

11. muhammadamrul - June 30, 2008

mungkin kepentok di hak cipta mas…

12. yOga - December 12, 2008

gue setuju ma loe..

ni komik mang kudu dibaca para remaja,semngat seorang anak muda yg pantang menyerah,

13. soni - December 15, 2008

komik ini emang seru bngt!!!gw aja nyesel, koq baru tau sekarang ya, klo ada komik yg bgs bngt kayak “firefighter daigo” ato emang gw gak suka ama cerita yg cengeng2 kali ya!!, gw emang suka cerita yg ada cerita heroiknya, pokoknya si daigo keren abis deh!!!!klo emang settingnya di indonesia, berarti negara kita diperhatikan banyak orang, hidup indonesia!!!!!hehehehe….

14. johnson - February 11, 2009

save the planet

15. Unie - April 14, 2009

Gw bca nii komik ada satu juga kata2 banjar yg mnurut gw kren abiz “itu urusan penduduk negeri ini aku yang akan melakukannya!! Kalian pemadam kebakaran jepang, ‘kan? Pulanglah ke negeri kalian!! Bantuan luar negeri apanya kalau orang luar negeri terdesak mereka pasti akan pulang meninggalkan kami…….. JANGAN REMEHKAN INDONESIA”
sumpah disitu gw nyadar kalo sebenernya bangsa kita bertekad kuat tpi biasanya dri atasnya yg kga bener,, tpi sumpah gw liat disitu kita tuh gg ada apa2nya kalo dibandingin masyrakat luar.. Thanks dh ngereview nh komik.. ^____^

16. Arief - July 29, 2009

Itu iklan Bir Bintang, di rumah makan KOGA yang BENAR BENAR ADA lho… Mie paling enak se Bandar Lampung. Kayaknya Soda sensei pernah mencicipi kelezatannya sampai2 tidak bisa melupakannya dan menuangkan ide tsb dalam karyanya, walau cuma satu gambar ^_^

17. RuleZ - August 5, 2009

@yOga : sip cuy! semangat dah buat bangsa kita😀

@soni : iya bro😀

@johnson : save the planet😀

@Unie : iyah

@Arief : waw😀 kereeeeen :p

18. Myra - November 1, 2009

gw suka bnget ini komik^^ gw setuju sih yg kata2 banjar itu… yg JANGAN REMEHKAN INDONESIA hanya saja terkadang kita harus sadar diri bahwa teknologi kita tuh masih kurang maju … kita selalu berpikir negatif terus pada bangsa luar dan sedikit2 nyalahin bangsa luar,padahal dalamnya(indonesia) aja masih kacau ^^ ayo maju indonesia =) berjuang demi memajukan negara ini ^^ daigo aja peduli masa kita gak? bahkan ketika bangsa ini hancur saja indonesianya sendiri gak mau bantuin, jng beda2kan suku ras dan lainya. tapi kita harus bersatu =)

19. Ryandaru Ennie - November 25, 2009

DAIGO emg keren bgt, bacanya jd malu sendiri sm negara kita yg uda terbiasa sm kebakaran hutan tnpa melakukan sesuatu upaya pencegahan gt…next, coba baca TOKKYU!!!
kali ini ttg penyelamat musibah kecelakaan laut, latest chapternya jg bersetting di Indonesia, d JAKARTA tepatnya…
mgkn bakal d ekspos jg habit-nya org Indonesia yg jam karet dan gak disiplin…hehehe
^_^;

20. Ryandaru Ennie - November 25, 2009

satu judul lagi ttg rescue team…Master of Sea !!!
a MUST read tuh !!!!

21. RuleZ - November 25, 2009

Ryandaru : saya udah baca yang Tokkyu masuk ke Jakarta… bagus emang, mirip dengan kenyataan yang ada :p

Master of Sea juga saya baca, cuman lagi gak ada update lagi kan😦
padahal bagus :p

22. wisnupower - August 26, 2010

mantaaapppp saya baru koleksi sampe jilid 13.. itu manganya cuma tamat sampai jilid 19 ?
sayang banget..jadi penasaran..hidup indonesia!!!

23. qisti - April 11, 2012

aku suka banget sama komik fire fighter daigo ini❤


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Sekai

    Action Adventure Blogging College Comedy Crime Documentary Drama Entertainment Family Fantasy History Horror Indonesia Islam IT Japan Journey Kitchen of Design Law Movie Review Music Mystery Ore no Sekai Politic Prolab Romance Sci-fi Sport Thriller
  • RSS IT News

  • RSS Indonesia Now

  • RSS Kurs

  • Feedjit

  • RSS Bisnis

  • Pages

  • Meta

  • %d bloggers like this: