jump to navigation

Printer Epson C58 plus Infus Ink December 12, 2007

Posted by RuleZ in Blogging, Ore no Sekai.
trackback

Printer merupakan salah satu benda yang gak bisa bersahabat sama gw…
Pertama kali punya printer adalah HP 3535 yang lumayan bagus buat nge-print (dijaman pas gw beli), akan tetapi masalah diantara kita berdua mulai muncul ketika dia (printer HP 3535) mulai menunjukkan tanda2 abis tinta….
Gw panik karena gak tau musti ngapain dan gimana ngisinya! Akhirnya gw bawa si dia (halah!) lebih tepatnya catridge-nya aja ke salah satu toko komputer dekat kosan yang bernama Gradasi (jangan tanya gw knapa dinamakan seperti itu ya!)…pemiliknya bilang “Wokeh!!!Besok ambil aja ke sini!”. Gw mulai tenang dan berpikir untuk istirahat dari pertengkaran kami berdua…
Setelah diisi, dia mulai bisa mengerjakan tugasnya kembali dengan baik dan benar, dan beberapa bulan kemudian dia mulai sakit2an (abis tinta) lagi, karena kalo gw ngisi di toko itu btuh banyak biaya gw akhirnya memberanikan diri untuk ngisi tinta sendiri!!
Akhirnya gw beli tinta dan gw mulai melakukan operasi ke dia.

dia : *gak ngomong sedikitpun* (ya iyalah! namanya juga printer!)
gw : *dengan beraninya membuka catridge dan mulai menyuntikkan isi tinta kedalamnya*…..hhhhh
dia : *tetap diam, gak ngeluarin bunyi sedikitpun*
gw : *memasukkan catridge ke tempat semula didalam printer*..tinggal nyalain deh!
dia : uuuuuut….ngggggggtttrrrrrr……ckiiit……(asik tinta gw full lagi!!!-red)

Alhamdulillah…
tapi dampaknya adalah tangan gw kotor kena tinta!!! (bisa2 dijuluki kuli tinta nih gw sama anak kosan!)
masalah masih belum parah sampe disini….

Akhirnya timbullah masalah yang lebih pelik ketika gw berusaha mengisi kembali tuh catridge sendiri, Printer (sambel) itu gak ngedetek catridge-nya sendiri!!!
Gw mulai bertindak sok-sokan layaknya ahli printer, ngoprek tuh printer dan catridge sampe akhirnya gw nyerah…
HANDS UP!!
Dan gw kembali bawa ke Gradasi…Dan pemilik tokonya memberikan kabar yang sangat mencegangkan ke gw…
“Catridge-nya RUSAK MAS!!!NGISINYA GAK BENER YAH??!!!”
Gw terperanjat!!!!
HAAAAAAH!!!!!!!
oke sekali lagi “HAAAAAAAAAAAH!!!!!!!”

gw : Emang kalo ganti catridge berapa harganya mas ?
pemilik toko (PT) : yaa, maybe 200 ribuan 1 catridge, kalo 2 ya 400 ribuan…
gw : *terperanjat lagi!!!!* “HAAAAAAAH!!!!!!” kok mahal banget ??
PT : emang catridge HP tuh yang paling mahal mas….gimana ?
gw : WADUH!!!!! ya udah deh mas, kapan2 aja deh…..

Gw merenung, salah siapa dosa siapa sekarang ??? (yang jelas bukan salah gw dan temen2 gw….hehe)
…..

Gw akhirnya ngomong ke nyokap dan nyokap bilang kalo gw boleh beli printer lagi….
Dengan modal ini, gw mulai mengembara mencari2 printer yang sesuai dengan keinginan dan budget gw. Gw ditemani striker kesebelasan Korea, Kak Riko mulai mencari2 info printer murah yang bagus dari BEC sampe ke deket kosan sendiri. Dan pilihan gw jatuh ke Toko deket kosan yang bernama Srikaton (yang nantinya tempat ini sumber masalahnya…). Dan akhirnya gw beli EPSON C58 ditambah tinta infus (yang gw pikir bakal murah dan gampang maintenance-nya).

Awalnya dengan bangga gw pamer2in ke anak2 kosan, himpunan, kepanitiaan, sampe kucing kosan. Dan gw dengan semena-mena nge-print apapun dari yang gak penting sampe tugas kuliah pake printer itu…
Sampai mulailah kejadian itu….

Case #1 : Tinta Hitam gak kedetek…
Ya! tinta item gak kedetek! Merasa dirugikan gw ke Srikaton untuk minta pertanggung jawaban…Dan dia mulai ngebenerin tuh printer, katanya sih penutup botol tintanya kurang dibuka sama gw…. :s
-case closed-

Case #2 : Catridge suka minta di replacement
Untuk kasus ini gw akalin ngotak-atik tuh catrridge sampe akhirnya bisa jalan lagi…
-case closed-

Case #3 : Not Use Epson Ink Genuine
yo wes lah gw diem aja dan berharap printer gw tetap berjalan dengan baik dan benar….
-case closed-

Case #4 : Gak bisa nge-print lagi!
gw was-was! waaah…..
gw panik (nggak ding!). gw ke srikaton lagi,

Mas-mas penjual di Srikaton (MMPDS) : wah ini gara2 terlalu banyak make printernya, mas. Akibatnya si printer ini udah mencapai limitnya….
Gw : hooo…berapa mas cost nya ?
MMPDS : ya, 55 ribu aja deh…
Gw : HAAH!!Mahal banget! Gak bisa dikurangin tuh mas? Gak ada garansinya emang ??
MMPDS : ya udah deh 50 ribu aja yah…dah mentok nih!
Gw : ya udah deh …..(dengan wajah asem)

-case closed-

Case #5 : Tinta bocor
Kisah ini berawal setelah liburan panjang lebaran. Gw nyoba printer gw dan alhasil ada sedikit kebocoran tinta pada print out nya. Dengan muka polosnya gw berpikir positif bahwa printer gw paling cuman sedikit manja aja…
dan gw tinggal tidur aja tuh printer…
Sampai akhirnya…
Pas gw bangun pagi, ada yang aneh dengan kamar gw. Selidik punya Sidik (eh, selidik ding!) ternyata ada sejenis air berwarna yang merembes karpet dan luberke lante kamar gw. Dan setelah gw memicingkan mata gw sampe sesipit Kak Riko, gw menemukan fakta yang mencegangkan…
PRINTER GW TINTANYA BOCOOOR!!!!!!!
Gw langsung beresin tuh printer dan ngebersihin tintanya!!!

Gw : Kenapa sih lo! kok begini!! sampe tinta yang dibotol abis pulak!!!
printer : *diem aja…..sambil ngedip2 (lho?!)*
Gw : HUH!!!!

siangnya gw ke srikaton lagi (bermasalah kan nih toko!) dengan wajah polos dan melas…
Srikaton meng-iyakan untuk benerin printer gw…Beberapa hari kemudian gw ditelpon sama Srikaton, bilang mereka udah jadi ngebenerinnya.
Gw kesana sendirian dan menemukan fakta yang lebih mengejutkan lagi,

Gw : udah ya mas ? (basa-basi dulu) Berapa harganya ?
MMPDS : iyah, cuman 195 ribu aja dek….
Gw : APAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA ???????!!!!!!!!!
MMPDS : iyah, cuman 195 ribu aja kok dek…
Gw : *makin terperanjat*AAAAPPPPPUUUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA?????!!!!!
MMPDS : *berniat ngulangin perkataannya*..iyah,….
Gw : udah mas,,saya ngerti kok! *dengan tangan gemeteran ngeluarin duitnya* ii,,,ni mas duitnya…
MMPDS : kamu sakit ya dek, badanmu menggigil begitu…
Gw : iyah meureun (mungkin-red)…
MMPDS : printernya udah saya kasih filtering, jadi kalo nanti tinta yang di catridgenya penuh bisa langsung ngebuang di filter itu…
Gw : hooooo….(dengan wajah dongo)…

SAMBELL!!!!JATAH MAKAN GW BERKURANG!!!
-case closed-

Case #6 : Selang infus kejepit catridge head
Ketika gw berniat untuk ngeprint, tiba2 pas sampai tengah halaman print out, terdengar bunyi aneh yang menyayat hati ini…

“KIIIT…..NGIIIIIIIIIIIIK………………”

Ternyata printer gw yang bersuara! Gw liatin didalemnya, selang tintanya kejepit!
gw matiin tuh printer dan gw nyalain lagi…
Gw akalin lagi dengan selangnya gw angkat dan gw keluarin, walhasil bisa dengan lancar ngeprint lagi!!
ye ye ….sorak2 bergembira! bergembira semuanya…!!

Masalah ada lagi, ketika terdengar bunyi itu lagi…

“KIIIT…..NGIIIIIIIIIIIIK………………”

Kok gini lagi??!! sapa yang udah ngerubah setting-an gw niy??!!
Akhirnya selama 30 menit gw melakukan operasi printer (dengan mencabut selangnya dan gw otak-atik sampe kemungkinan si selang gak bakal kejepit lagi…). Operasi berjalan lancar dan terhindar dari malpraktek..hehe
dan Gw berhasil benerin masalah ini!!!
-case closed-

Case #7 : Print out bergaris-garis, udah di head cleaning tapi tetep aja gak bisa bagus2
biasanya untuk masalah ini gw melakukan head cleaning berulang-ulang sampe bisa bagus hasil check nozzle print nya, cuman kenyataan berkata TIDAK!!
ada apa gerangan dengan printer gw??
Dengan pertimbangan yang matang gw gak bakalan mau lagi untuk berhubungan dengan yang namanya “Srikaton”!
dan gw telah menemukan tempat yang tepat (meskipun agak mahal) yaitu Azzam Printer Solution! ini dia toko yang bener2 concern di printer aja dan berlandaskan islam (diliat dari namanya doang sih…hehe)…
cukup 1 hari doang dari gw naroh printer disana, langsung gw ambil…(waw cepet juga yagh kerjanya), tapi dengan masalah seperti itu doang (print out yang bergaris-garis) ditambah dengan gw minta untuk di benerin layout selang infusnya berharga 50ribu… But hasilnya memuaskan lah dibanding dengan “Srikaton”…
-case closed-

Sekarang yang mana yang salah ??
Printer EPSON C58 gw ato Toko yang ngejual Printer EPSON C58 itu ??

who knows…mungkin dibalik ini semua ada hikmahnya…
1. knapa gw banyak pengeluaran buat printer ini, karea gw nya jarang sedekah kali ya, makanya Allah langsung ngambil harta gw dengan membayar jasa perbaikan printer dimana-mana
2. Kalo nyari toko yang jual printer liat dulu background nya (sapa tau emang toko itu bermasalah pada awalnya…)
3. Jangan berhenti untuk ngoprek barangmu sendiri sebelum dibawa ke yang berwenang (toko servis)
4. BUKA MATA, SEMUA ADA SOLUSINYA (diambil dari iklan Kratingdaeng)

overall, begitulah kisah-kisah gw dengan printer yang Alhamdulillah sekarang dah bisa diajak berdamai…:p

tapi timbul masalah baru lagi yaitu akhir-akhir ini pulpen gw sering ilang euy…

Jangan-jangan…..

ada monster pemakan pulpen?!!!! Dimanakah kau Power Rangers???!!!

Comments»

1. deniar - December 12, 2007

Ha ha ha sama kasusnya kayak gw, tapi untungya gw udah anisipasi dulu.

1. Masalah cartridge bocor gw juga ngalamin, tapi untungya udah siap botol pembuangan yang langsung bisa nyedot kalo ada bocoran tinta.

2. Ngereset gitu mahal amat, nih cari di http://indoreseter.blogspot.com semua reseter ada di situ

3. Tinta bergaris? wah itu mah penyakitnya printer. Hati2 dalam mengeprint. Pastikan kertas yang kamu gunakan itu bener2 halus dan bagus buat printer. Kalo bisa hindari ngeprint di kertas2 bertekstur kasar macam kertas bufalo atau kertas sertifikat tapi bertekstur begitu. Itu bisa membahayakan head cartridge.

4. Jangan lupa juga buka lubang angin di botol tinta. Kalo gak tinta gak bisa ngalir. Karena sistem kapilaritas, maka perlu dibuka sedikit lubang angin di botol tinta. Gw pernah juga tuh ngeprint lama gak sadar kalo lubang anginnya ketutup. Alhasil di selang ada kekosongan tinta beberapa cm (puluhan cm). Jadi musti sedot sendiri, karena bingung sedot pake apa, akhirnya sedot pake mulut dengan hati2 bisa juga mulut belepotan walau dikit.

5. Penyakit yang belum kau alami adalah, bingung mau ngeprint apa hari ini. Disarankan sih ada proses ngeprint setiap hari. Jadi jangan sampe printer infus dianggurin. Dan buat semua warna ikut ter-print. Kalo gw buat kotak2 bermacam2 warna dari Cyan, Magenya, Yellow, Gradasi putih ke hitam, merah, hijau, pokoknya semua warna deh. Dan itu wajib di print minimal 2 hari sekali. Biar proses sanitasi lancar (halah). Sekaligus mengecek kualitas printer dari hari ke hari. Aku sampe kumpulin tuh hasil print2 tes warna tersebut dan aku tumpuk. Untuk memantau perubahan kualitas print. Katanya semakin lama semakin menurun.

Mungkin gitu aja yang bisa aku kasih, semoga bisa membantu

2. asido - December 28, 2007

Azzam Printer Solution itu dimana ya alamat nya?

3. muhammadamrul - January 5, 2008

trims untuk mas deniar….

azzam tuh di IBCC ada tapi gw yang di cabang stt nya

4. prasetyadi - February 2, 2008

Hehehe… ngulasnya apik ni. Persis novel best seller, apalagi pas kena sama problem kita-kita dgn si printer.

5. prasetyadi - February 2, 2008

To muhammadamrul n deniar thx infona.

Infus dgn tinta pigment bisa ya? Dgn sublime juga? Kalo Epson C90 & R230 nerima nda ya tinta pigmen/sublime?

Sudah nyoba mini infus system? ini nih linknya http://www.kamera-digital.com/forum/viewtopic.php?TopicID=16106.
Pingin nyoba cuman browse dulu gimana keunggulannya.

Maafkan pertanyaan di atas terkesan agak oon.

*deniar, linknya nda aktif lagi untuk resetter saat nyoba mbuka. Paksa nyari lagi nih. Btw, thx.:)

6. muhammadamrul - February 3, 2008

thanks juga buat commentnya….
dah buka mata aye juga…hahaha

mungkin ntar gw juga mau coba juga tuh nyang namanya mini infus system…
dan buat infus dengan tinta pigmen gw sendiri belon nyoba, tapi kemungkinan sih bisa aja, masalahnya printernya support gak ??

7. sae - March 21, 2008

halah gwe udah kapok pake produk epson cing.. waktu gwe pake r250 yg di inpus terus banjir sama head gk nyampe 2 minggu udah matek. amburadul. gwe sama canon ok2 aja ngisi ulang nya gampang gk perlu di inpus yg mahal sgala tinggal suntik udah bisa di pake lg. asal disuntiknya jgn pake data print. bahaya . gwe udah ngalamin. pake longgo gk pernah mampet. udah ah dikira gwe ngiklanin canon lg.

8. hadi - March 25, 2008

Bro sudah dapat solusi belum ?
He sekalian promo ini yang punya solusi hemat tinta printer.
Link canggihnya di
http://www.realimagink.blogspot.com/

Mulai dari
Refill Inkjet Center
Printer Infus
Printer Mini Infus
dari features & benefitnya/

9. muhammadamrul - March 26, 2008

waduh….

di banjar sih….

aye di bandung nih…jauh pisan…hee

10. Alprie - May 18, 2008

hallo, gw mo nambahin nih tip jitu buat nyedot selang putus2 cara manual (biar mulut ga belepotan tinta). ambil sedotan aqua gelas, terus sambungin ke ujung selang yg di cartridge. sedot deh sampe ngelewatin ujung selang (jgn sampe ujung mulut).

11. micol - June 25, 2008

alamat semuanya bisa di alihkan cabang yang ada d jakarta ndak?
alna alamtnya jau..jauh euy…..
ato bisa pesen ndak, tapi biaya kirimnya ????

12. muhammadamrul - June 30, 2008

waduh, kalo dialihin ke jakarta ndak tau saya…

tapi coba aja ke glodok, hehe

maap banget gak bisa bantu…😦

13. wahju - July 25, 2008

Epson C58 saya harus ganti cartride-nya, ada yang second-nya yg msh ok….?
jangan mahal2 ya

tq

14. wahju - July 25, 2008

kalau ada yang punya second head/cartride-nya Epson C58 tapi msh ok tawarin saya ya, jangan mahal2,
tq

15. wahyu - August 10, 2008

mas mohon di hadirkan reseter epson c43sx gitu…………soalnya aq tiap kale isi tinta musti beli reseternya juga n harganya plng murah 25rb….tiap kali ngisi 25rb…diitung2 smpe skr dah dapet printer baru…….tolong dech…..dewa2 reset…..tapi yang gratisan lho……..hareee gene………….

16. Ferdi - September 27, 2008

wah nagus banget nih ceritanya unik, menggelitik tapi sarat dengan informasi mantap!!! kaayknya lu punya bakat jadi penulis bro… hehehe….

17. kriz - October 11, 2008

tolong dong kasih solusi tinta g mau keluar aku pake epson c58

18. iman - February 17, 2009

dimana beli tinta merk longgo minta alamatnya dong?

19. Denzi - March 7, 2009

Aduhhh Mas Printer Epson mulai C58+C43ampe C90 gua bututtT2 juga nehhhh, kayaknya gak lama lg EPSON bakal kedatangan segerompol Epsonerzz…

Bosen Beli ne produk,..
abizzz banyak kendalanya,. Gak bisa flexibel gtu.

tolong dong buat epson ; “kualitasnya ditingkatin agi”
bener gag.?

sorii kalo agak lancang,…. tapi kenyataan.!!!!!!!!

20. Niki - March 9, 2009

Pengen ngasih sedikit informasi nih. Ini berdasarkan pengalaman pribadi. kalo ada printer infus yg salah satu dari selang tintany mampet, khususnya canon iP880, coba deh tabung tintanya diangkat sedikit sejajar diatas printer (gunannya untuk memasok tinta yang mampet). Gak usah lama, cukup itungan detik. Setelah itu cleaning terus menerus, hingga mendapatkan hasil yg sempurna…
Jangan lupa untuk menempatkan tabung tinta ke tempat semula.
Semoga info ini bermanfaat buat temen2.

21. ruth - May 27, 2009

kalo Not Use Epson Ink Genuine, harus diapain? gw jg gt, uda gw utak atik, tp komputernya masi nuduh gw ga pake tinta epson asli . haduh, tulungin gw

22. RuleZ - May 27, 2009

@wahju : wah saya ndak punya mas😦

@wahyu : sekarang saya make Canon jadinya😀

@Ferdi : thanks ya bro🙂

@kriz : tinta gak mau keluar? udah diisi dengan benar? udah di cleaning headnya ??

@iman : merk longgo gak tau mas🙂

@Denzi : mending pake Canon aja mas, saya juga baru make, udah 1 tahun belom ada komplain🙂

@Niki : nice info🙂

@ruth : masih bisa ngeprint gak? kalo masih, yasudah gak masalah berarti🙂

23. lukman - July 4, 2009

ngapain susah-susah kalu lho punya masalah dengan printer bawa aj ma gw, nich catat no gw. 08569874098

24. teja - November 17, 2009

Longgo Ink. Cari aja di:
Post Print
Be Mall Lt.2 Blok J03
Tel. 022-84467468
Bandung

25. tesa - November 23, 2009

Pasang system infus Epson, GARANSI PRINT HEAD + SYSTEM = 6 BULAN.
Hanya di:
POST PRINT
Be Mall Lt.2 Blok J-03
Tel. 022-84467468
Bandung

26. tesa - November 23, 2009

Tinta Longgo Kualitas Premium

27. happyinkindonesia - October 1, 2010

Masing masing printer pasti ada kelebihan dan kekurangannya, saya sudah berpengalama bertahun tahun berpendapat jika pemakaian printer yang cukup sering, masih lebih hemat menggunakan printer epson yang diinfus, tetapi jika pemakaian jarang masih lebih baik memakai printer hp.

28. happyinkindonesia - October 3, 2010

Itu beli printer c58 nya dari baru atau sekennya mas, soalnya saya infusin printer orang tapi tidak pernah terjadi masalah berturut turut seperti yang mas alami. sedangkan masalah printer kedap kedip minta direset itu memang penyakit dari printer buatan jepang seperti canon dan epson, minta replace waste ink padnya supaya tinta buangan tidak bocor keluar. solusinya supaya printer lebih awet tidak cepat minta di reset adalah dengan tidak mematikan printer biarpun tidak dalam kondisi di pakai.
thanks

29. zacky - January 4, 2011

wwokowkow seru bgt tu ceritanya sumpah da i like it

30. devdie - August 23, 2011

masalah printer epson c58 Delete all print jobs and turn the printer off. Remove any foreign objects from inside the printer. After a few minutes, turn the printer back on


Leave a Reply

  • Sekai

    Action Adventure Blogging College Comedy Crime Documentary Drama Entertainment Family Fantasy History Horror Indonesia Islam IT Japan Journey Kitchen of Design Law Movie Review Music Mystery Ore no Sekai Politic Prolab Romance Sci-fi Sport Thriller
  • RSS IT News

  • RSS Indonesia Now

  • RSS Kurs

  • Feedjit

  • RSS Bisnis

  • Pages

  • Meta

