jump to navigation

S2SMT (Speech to Speech Machine Translation) at STS (Sidang Terbuka Senat) August 24, 2007

Posted by RuleZ in IT, Ore no Sekai.
trackback

STS STT Telkom yang sudah lama berlangsung kemarin (16 Agustus 2007) dalam rangka pelantikan atau penyambutan mahasiswa baru 2007, membuka mata gw tentang Teknologi S2SMT sekali lagi. Karena gw sebelumnya udah dapet materi ini ketika mata kuliah Kapita Selekta. S2SMT adalah teknologi telekomunikasi yang salah satunya sedang dikembangkan atau reaserched oleh sebuah institusi riset seperti Advanced Telecommunication Research (ATR) yang berlokasi di Kyoto, Jepang dan riset ini membutuhkan waktu 20 tahun dan biaya milyaran dollar Amerika dan riset S2SMT ini diberi nama MATRIX.

Apa itu S2SMT ?

Ide awalnya adalah mengenali suara manusia (apa yang diucapkan) menggunakan Automatic Speech Recognation (ASR) sehingga suara manusia bisa diubah menjadi text, menerjemahkan teks yang dihasilkan kedalam bahasa lain yang diinginkan menggunakan Machine Translation, dan mengubah text hasil terjemahan tersebut menjadi suara menggunakan text to speech.

Studi kasus yang sudah diuji oleh institusi ATR adalah, ketika ada 2 orang yang melakukan percakapan melalui telephone dengan bahasa yang berbeda satu sama lain. Orang pertama menggunakan bahasa Jepang, sedangkan orang kedua menggunakan bahasa Inggris. Apa yang terjadi ? Ya, kedua orang tersebut dapat melakukan percakapan dengan lancar dalam bahasa yang berbeda. Tentu saja dengan teknologi S2SMT ini, suara dengan bahasa Jepang diubah menjadi text bahasa Jepang, lalu text ini diterjemahkan ke bahasa Inggris, kemudian text ini diubah menjadi suara dengan bahasa Inggris.

Teknologi ini dapat dikatakan sudah menjebol border yang sangat besar dalam berkomunikasi, yaitu Bahasa.

Dalam pengembangannya, MATRIX sudah bisa mengakomodasi 30.000 kata untuk penerjemahan bahasa Inggris-Jepang. Hal ini juga terjadi pada Verbmobil yang dibangun di Jerman, yang mampu menerjemahkan bahasa Inggris-Jerman dengan akurasi yang baik meskipun di lingkungan bising (seperti di bandara). Verbmobil juga dilengkapi dengan sistem pengambilan kesimpulan dari dialog yang dilakukan. AT&T juga berhasil mengembangkan S2SMT untuk Call Center yang mampu menangani penerjemahan bahasa Inggris-Spanyol dan Inggris-Jepang.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ?

Hasil Riset pertama adalah IndoTTS, sebuah software yang bisa mengubah yext ke suara dalam bahsa Indonesia, yang dipulikasikan pada tahun 2000. Tahap lanjut dimulai di tahun 2003, dimana TELKOMRisTi bekerjasama dengan ITB dan ATR Jepang membangun Dumb & Deaf Telecommunication Systems (DDTS). Sistem ini diaplikasikan pada layanan Emergency Call. DDTS memungkinkan seorang bisu dan tuli bisa berkomunikasi melalui komputer (mengetikkan dan membaca text), sedangkan operator Emergency Call berkomunikasi melalui Handset telephone (berbicara dan mendengar).

Pada tahun 2005 TELKOMRisTi bekerjasama dengan STTTelkom dan ATR Jepang membangun basis data suara dan basis data text Indonesia yang nantinya akan digunakan untuk membangun Large Vocabulary Continuous Speech Recognation (LVCSR) yang sanggup mengenali lebih dari 30.000 kata. Kedua basis tersebut adalah yang pertama di Indonesia.

Luar biasa memang, tapi masih banyak masalah yang harus diselesaikan. Pertama, sampai saat ini speech technology hanya bisa dijalankan disisi server, belum ada perangkat telekomunikasi disisi client (handphone maupun fixed phone) yang menyediakan processor berkecepatan tinggi dan memori besar untuk menjalankan S2SMT. Kedua, speech technology masih harus dilakukan riset lebih lanjut agar akurasi dan kecepatannya layak dikomersilkan. Ketiga, komunikasi ini mungkin kurang natural karena suara pembicara harus disintesis menggunakan mesin yang belum dapat menampilkan intonasi atau tinggi rendahnya suara si pembicara.

Orasi ilmiah tersebut disampaikan oleh Bapak Suyanto,ST.,Msc. yang merupakan dosen Kapita selekta gw sekaligus menjadi Dosen Wali gw. Salut buat beliau yang merupakan salah satu dari tim periset teknologi ini.

Oh iya, btw, gw di STS berperan sebagai undangan dari Ketua Senat dikarenakan mendapatkan juara 3 di bidang PKMT PIMNAS 20 2007 bersama tim TAHTA dalam pembuatan Qronis. Dan setelah melakukan beberapa prosesi STS yang lama, akhirnya gw makan makanan berkelas (tahulah kalo rektorat punya gawe, pasti makanannya bikin Pak Bondan ngomong MAK NYUSS!!)…:)

Comments»

1. ajijay begitu nikmat...... - September 25, 2008

hoy rul! lagi nyari evolutionary computation malah nyamber ke sini nih…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Sekai

    Action Adventure Blogging College Comedy Crime Documentary Drama Entertainment Family Fantasy History Horror Indonesia Islam IT Japan Journey Kitchen of Design Law Movie Review Music Mystery Ore no Sekai Politic Prolab Romance Sci-fi Sport Thriller
  • RSS IT News

  • RSS Indonesia Now

  • RSS Kurs

  • Feedjit

  • RSS Bisnis

  • Pages

  • Meta

  • %d bloggers like this: